Selasa, 29 Juli 2014

Day 1 - HONGKONG

Jalan-jalan liburan hari raya lebaran 2014 ini kami pergunakan untuk mengajak anak-anak saya Novan dan Laras untuk menjelajahi Hongkong dan Macau.

Rute penerbangan kami pilih dari Jakarta ke Macau, karena harga tiketnya relatif  lebih murah dibandingkan JKT- Hongkong menggunakan Air Asia, setibanya di Macau International Airport (MFM), kami langsung menuju terminal Cotai Ferry Macau, karena kami memang telah membuat Itenerary untuk ke Hongkong lebih dahulu.

Kalau anda membawa koper besar maka anda harus naik Taxi ( 50-60 MOP) pilih taxi apa aja bagus dan aman, tapi berhubung kami membawa  koper kecil, maka kami tinggal gerek koper kelokasi Ferry Terminal yang berada di sebelah Airport ( ikuti papan petunjuk atau bertanya ke petugas bandara).

Tiba di Cotai ferry terminal, langsung ke loket penjualan tiket harga tiket $177 (Hongkong Dollar) per orang, dan beli Macau-Hongkong Central, karena kami menginap di Cause Way Bay maka terminal yang kami pilih adalah Central (Sheung Wan Ferry Terminal) menggunakan Kapal Turbojet. Setelah mendapat tiket perhatikan baik-baik Jam ke berangkatan, dan kumpul di antrian sesuai dengan jam yang tertera, tapi jangan ragu juga untuk pindah apabila ternyata Kapal jam keberangkatan sebelumnya masih bisa kita menambah penumpang.
antri mau naik ferry ke Hongkong... welfie dulu.. @Cotai Ferry Terminal

Setelah kita menyeberang membutuhkan 1 jam maka, kami tiba di Central Terminal. dan langsung kami menuju stasiun MTR Central menuju Cause Way Bay.

Untuk turis di Hongkong apabila selama di sana akan menggunakan MTR (kereta) dapat menggunakan atau membeli Turism Pass MTR sesuai jangka waktu yang diinginkan dan bisa dilakukan Top Up. Selama disana kami menggunakan MTR pass untuk waktu 3 hari. Rute MTR Hongkong map dapat di lihat di sini:

Day Pass MTR Hongkong

CAUSE WAY BAY

Kami  menginap di wilayah Cause Way Bay, karena ini salah satu tempat yang tidak pernah tidur jadi selama 24 jam masih tetap ramai orang wira-wiri dan lampu-lampu malam kota Hongkong yang meriah.

Penginapan Kami cukup stragetis sekali karena dekat dengan Cause Way Bay MTR stasiun serta diwilayah pusat perbelanjaan, jadi di membosankan.

setelah check in sekitar jam 10 malam, kami keluar lagi untuk mencari makan malam, oh yach disini ada restoran surabaya loch di daerah Cause way bay aduh aku lupa mencatat alamatnya.. posisinya dekat jembatan penyeberangan .. makanya rekomendasi banget dech kalo ke Hongkong mending nginap di hotel atau hostel backpacker di wilayah ini. Masih bisa ketemu makanan Indonesia.

setelah selasai makan dan hari ini memang cukup lelah, maka kami kembali ke hostel untuk istirahat, siap-siap energy untuk ke Disneyland esok hari.

TSIM TSA SUI

Tshim Tsa Sui terletak di pulau Kowloon, wilayahnya cukup ramai, disana banyak tempat yang bisa kita kunjungi seperti Ladies Market, menyeberang naek Ferry tradisional Hongkong, dan belanja-belanja.  Tshim Tsa Sui berbeda dengan Hongkong Central yang lebih di dominasi oleh perkantoran-perkantoran, kantor pemerintahan dan kedutaan. Bisa di katakan Tshim Tsa Sui adalah wilayah kota lamanya Hongkong.

Nathdan Road  adalah pusat perbelanjaan terbesar di Tshim Tsa Sui, di pingir-pingir sepanjang jalan ini banyak pertokoan dan butik-butik terkenal : Prada, Coach, Burberry dll, yang pasti saya mah cuma lihat-lihat aja, nga minat beli.

selain itu juga ada banyak apartemen-apartemen untuk backpacker hostel. Tapi saya nga rekomendasi dech untuk menginap di hostel backpacker di wilayah ini, lokasinya rada kumuh dan rame pedagang arab, india dan china.  Jadi agak krodit. soal keamanannya waah saya sich aman-aman aja... tetep waspada yach.
Hongkong Central Bermandikan Cahaya

pada malam hari paling asik kita berada di tepi Hourbour Ferry Terminal, karena kita akan melihat pulau Hongkong Central bermandikan Cahaya, dimana gedung-gedung perkantoran di hiasi lampu-lampu sampai puncak tertinggi gedung-gedung tersebut. waah kesempatan dech untuk foto-foto yach..

selain itu kegiatan di Tshim Tsa Sui, anda juga dapat naik Ferry Tradisional Hongkong yang berwarna wijau, ini menjadi ikon dari Hongkong juga,  cukup membeli tiket atau menggunakan pass turism MTR  juga bisa langsung terpotong. waaah kami menikmati malam kota Hongkong yang bermandikan lampu-lampu yang keren abis di atas Ferry.

Bahagia itu.... ketika foto keluarga .... senyum semua.... soo happy..

Ferrynya aja berlayar dihias pake lampu-lampu..

berapa yach tenaga listriknya

Nah itu ferry hijaunya klasik khan...

fotonya yang ngambil Novan loch anakku..

setelah puas foto-foto, kami kembali ke hostel di wilayah cauway bay...